Minggu, 11 November 2012 - 0 komentar

Kisah Sukses Tokoh tanpa Ijazah di Indonesia

Ketika sedang browsing penulis menemukan beberapa tokoh panutan yang semuanya sukses tanpa mengandalkan ijazah mereka dan bahkan tidak pernah menyelesaikan sarjana mereka. Yang menjadi kunci sukses mereka adalah ketrampilan dan keahlian mereka serta semangat tidak menyerah disaat mereka jatuh kedalam kegagalan.


1. Andy Flores Noya
Karena kecintaannya kepada dunia tulis-menulis sejak beliau kecil ditambah pula dengan kemampuannya menggambar kartun dan karikatur mengantarkan dirinya menjadi wartawan cetak di beberapa perusahaan ternama seperti Tempo,Bisnis Indonesia dan Matra.Sampai akhirnya Andy menjadi pemimpin redaksi Metro TV dan berhasil juga menjadi pembawa acara terpopuler Kick Andy yang disiarkan di Metro TV. Acara ini selalu menjadi sorotan publik dan disukai banyak orang karena memberikan edukasi,pengalaman,dan riwayat hidup sesuai fakta.


Kalau melihat latar belakang Andy yang adalah seorang teknik,kenapa dia bisa berhasil di lingkungan yang berbeda yakni dikarenakan keseriusannya menggeluti bidang yang disukai,dunia jurnalistik yang dijadikan sebagai jalan hidupnya. Karena itu gelutilah dengan serius apa yang menjadi hobby atau kesukaan kita,tanpa melihat latar belakang dan ijazah kita dan diiringi doa akan menjadi jalan sukses bagi kita.

2.Adam Malik

Adam Malik Batubara (Dilahirkan di Pematang Siantar,22 Juli 1917).
beliau juga tidak kalah fenomenal terutama sukses yang didapatkannya. Adam Malik dijuluki juga "si kancil" ini lebih disebabkan karena kelincahan,kebebasan dan keaktifannya dalam berbagai organisasi yang dijalaninya,sehingga membawa dirinya pernah menjabat sebagai Menteri pada beberapa Departemen,seperti menteri Luar Negeri dan juga jabatan tertingginya sebagai Wakil Presiden RI yang ketiga.

Kalau melihat kesuksesannya memegang beberapa jabatan di pemerintahan mungkin kita berpikir bahwa beliau adalah lulusan luar negeri,tapi siapa sangka pendidikan yang beliau tempuh hanya lulusan sekelas SD yakni di Hollandsch Inlandsche School (HIS) ,Madrasah dan ilmu secara otodidak. Akan tetapi semangat beliau untuk sukses dan kemampuannya dalam berorganisasi dengan asas kebebabasan sehingga melahirkan azas politik luar negeri "bebas-aktif" ketika beliau menjabat menjadi Menteri Luar Negeri.

Kalau kita renungkan pendidikan yang ditempuh Adam Malik hanya HIS,Madrasah,dan otodidak masih mungkinkah pada zaman sekarang ini tanpa pendidikan formal dapat menempuh karier yang gemilang ? jawabannya mungkin saja karena ini kembali kepada pribadi yang menjalani dan jangan takut untuk gagal, karena kegagalan adalah awal kesuksesan, terus melangkah dan lihat kedepan.

lihat juga orang-orang yang sukses tanpa pendidikan formal


3. Andrie Wongso

Tokoh selanjutnya adalah Andrie Wongso, siapa sih dia ..? yang mempunyai gelar SDTT (Sekolah Dasar Tidak Tamat), tetapi bisa menjadi the number one motivator di indonesia, wooww...sungguh hebat bukan ijazah saja tidak punya tapi dia menjadi sangat sukses seperti sekarang ini.

Kalau melihat kesuksesannya sekarang itu adalah wajar karena merupakan bayaran dari perjuangannya yang memilukan selama ini. Dia bukanlah berasal dari keluarga berada melainkan dari seorang keluarga miskin dari malang bahkan di usianya ke 11 tahun (6 SD) dia terpaksa berhenti dari sekolah,dikarenakan sekolah Tionghoa tempat dia bersekolah ditutup dan akhirnya ia menjual kue di pasar dan toko.
Tapi kondisi tadi tidak mematahkan semangatnya untuk menjadi orang sukses dan tidak ada dibenaknya sedikit pun perasaan malu. Dengan sikap tegar dalam menghadapi kemiskinan inilah yang membentuk pribadinya lebih kuat lagi terutama disaat orang tuanya meninggal, ini menjadi pukulan yang berat bagi dirinya.

Berbagai pekerjaan dijalaninya tanpa ada perasaan malu dalam dirinya sampai kuli disebuah toko pernah dijalaninya semua dengan semangat untuk menggapai kesuksesan. Bukan mustahil juga ada perasaan lelah bahkan jatuh akan tetapi semua itu dikalahkan dengan semangat dan motivasi di dalam dirinya untuk meraih kesuksesan. 

Hingga akhirnya ia merintis usaha sebagai pengusaha pembuatan kartu ucapan, ini juga tidak langsung berhasil karena banyak liku yang dilalui berbagai penolakan dan hambatan menghampiri, tetapi semangatnya untuk sukses tidak penah hilang. Dari awalnya dia merintis usahanya dari door to door akhirnya usahanya berhasil dan sekarang siapa yang tidak kenal dengan perusahaannya yakni Harvest yang bergerak pada pembuatan kartu ucapan motivasi ini.

Semangat dan motivasi dirinya selama mengarungi perjalanan yang sulit dituangkan ke dalam filosofi saat dia menyampaikan training motivasi yakni " Success is My Right " 

" Masa saya yang SD tidak tamat saja bisa sukses,lha wong kalian yang sarjana,tamat SMA dan lahir dari keluarga mampu , nggak sukses " begitu ucapan Pak Andrie saat memberikan motivasi.

Maka berbahagialah orang yang miskin dan sekolah rendah tapi mempunyai jiwa yang besar untuk berhasil jangan pernah menyerah... kegagalan adalah kunci keberhasilan yang tertunda.

   

0 komentar:

Posting Komentar