Sabtu, 10 November 2012 - 0 komentar

Kegagalan Adalah Sukses Yang Tertunda

suksesKalian tentu sudah kenal donk dengan foto disebelah kiri ini ayo siapa... ?. Yang sudah kenal pasti gampang untuk menebaknya, tapi yang belum tahu pasti bertanya tanya siapa sih ??? apa jangan-jangan foto kakek dari si penulis (Ane)...hehehe ngarep mode on. Baiklah ane akan memberitahukan bagi yang belum tahu.., siapkan secangkir kopi dan pisang goreng (laper...)  guna keperluan dimakan saat membaca.


Tokoh disebelah adalah salah satu Favorite ane yaitu  Om Bob Sadino, beliau salah satu pengusaha sukses di Indonesia, kenapa ko favorite ??? jawabannya karena beliau sukses bukan dari awal , beliau kaya bukan dari bokap atau nyokapnya tapi usaha dari nol dari tidak punya sampai dengan keberhasilannya saat ini. Kisah perjuangannya meniti karir sampai kesuksesannya bisa menjadi pembelajaran dan motivasi untuk kita semua. Apakah mau sukses seperti beliau ??? tentu jawab kita mau...hanya yang tidak mau sukses yang perlu kita pertanyakan kepada orang tersebut. Sekarang Om Bob ini bossnya Kemchick dan Kemfood tapi tentunya semua itu dirintis dari awal bahkan dari kegagalan demi kegagalan yang berhasil dilewatinya.

Ada pernyataan dari om Bob yang bisa jadi catatan bagi kita yang sekarang mau membuka usaha dari awal dan jadi motivasi yakni " Dalam menjalankan bisnis itu yang terpenting action dan berusaha dengan totalitas dan jangan takut untuk gagal ," kata pria kelahiran lampung ,9 maret 1933 itu. Tekad kemandiriannya yang membawa om Bob Sadino ini menjadi pengusaha,awalnya beliau berani keluar dari pekerjaan yang pada saat itu menjadi sumber penghasilan untuk hidupnya. Dalam mencari usaha apa yang cocok dengan karakternya beliau pernah menjadi supir bahkan tukang batu tampak ada perasaan malu maupun gengsi.

Mungkin sobat bertanya pernahkan Om Bob merasa galau dan depresi...???, jawabannya tentu saja tetapi dari situlah tekad yang kuat  dan keinginan untuk berhasil mengalahkan semuanya,berkat masukan dari seorang temannya agar beliau tidak larut dalam kegalauannya akhirnya ia merintis usaha telur ayam negeri, walaupun pada saat itu ayam kampung masih mendominasi pasar  di Indonesia.

Semangat pantang menyerah dan tekad untuk memperkenalkan ayam negeri dan telurnya tidak pernah surut. seiring berjalan waktu dengan banyaknya hantaman badai dan kerikil yang menerpa dengan prinsip hidupnya harus sukses, akhirnya usahanya kian berkembang pesat, dan makin merambah ke bisnis daging ayam juga. selain itu Om Bob juga menjadi orang yang pertama menggunakan perladangan sayur dengan sistem hidroponik,yakni cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, melainkan dengan medium air yang di dalamnya berisi zat hara dan biasanya disimpan di dalam kamar kaca.

Sebagai seorang pengusaha yang sukses beliau mengatakan, kelemahan dari sebagian besar orang adalah terlalu banyak berpikir dan menghabiskan waktu untuk membuat rencana, sehingga tidak pernah melangkah dan selalu dihinggapi kekhawatiran akan kegagalan.Om Bob juga mengatakan definisi dari sukses itu sendiri yakni orang belum dapat dikatakan sukses jika belum merasakan kegagalan dan kejatuhan berkali-kali

Dengan merasakan sakit akibat jatuh dari kegagalan dan bangkit dan tahu nikmatnya berhasil, baru bisa dikatakan orang tersebut telah sukses. Beliau juga menambahkan kunci sukses dalam bisnis adalah tidak mudah menyerah jangan takut gagal buang jauh segala khawatir. Dengan kegagalan kita bisa belajar bagaimana kita bisa lebih baik lagi kedepannya tanpa jatuh ke lubang yang sama.

Berterima kasih pada kegagalan, jika ada yang mengkomplain baik dari pelanggan , tertimpa kerugian,dihina orang, diejek saudara maupun keluarga, tetaplah fokus pada prinsip anda berterima kasihlah untuk semua itu, karena itu kan menjadi vitamin untuk menjadi kekuatan sampai menggapai kesuksesan.




0 komentar:

Posting Komentar