Rabu, 14 November 2012 - 0 komentar

Hati -Hati Karena Template Harus Bayar Milyaran Rupiah

Buat para Bloger Mania, melalui tulisan ini pada portal macam macam saya seorang yang seorang bloger juga ingin saling mengingatkan terutama masalah penggunaan template diharapkan lebih teliti lagi, dikarenakan ada pengalaman seorang rekan kita sesama bloger bernama Ainun Nazieb (AN) yang pernah  terkena somasi dari perusahaan jejaring sosial terbesar yakni Facebook  dan tidak tanggung-tanggung yakni senilai 2 Milyar Rupiah.

Maka kita bersama harapkan kejadian yang menimpa teman kita ini tidak terulang kembali. Mungkin rekan sekalian bertanya ko bisa sih...? gimana kejadiannya...?

Saya penasaran kemudian saya tanya mbah google kejadiannya dan dia menjelaskan bahwa awal mulanya itu dikarena hanya sebuah template hasil kloningannya  yang digunakan dan juga didistribusikan kepada teman-temannya.Template hasil kloningannya sangat mirip dengan Facebook versi pertama ini bisa dilihat pada blognya yang bernama nazieb.com. Dan mengangkat tema blog " Smells Like Facebook ".

macam macam


Mungkin awalnya AN hanya beranggapan template kloningannya  hanya kreatifitas semata,akan tetapi perlu diingat hasil karya orang lain juga perlu dihargai terutama dengan hak cipta ini sangat berbahaya.

Menurut pengamat ICT Watch, Donny,B.U  mengatakan  dalam artikelmya " Persoalan hak cipta ini memang sensitif dan harus dihargai oleh sesama pekerja kreatif. Ada etika dan aturan tertentu yang berlaku dalam soal kretifitas. Namun memang tidak semua orang paham mengenai aturan etika ini ".

Untuk itu mari kita semua ini dijadikan pembelajaran secara bersama tidak hanya masalah kloning atau convert-mengconvert, tapi juga hal lain seperti widget,navigasi bahkan copas artikel orang lain tanpa izin.

sumber awal sebelum dimodifikasi : jeanotnahasan[dot]blogspot[dot]com

0 komentar:

Posting Komentar